Senin, 09 Januari 2023

AKSI NYATA TOPIK 2 : Menyebarkan pemahaman "Mengapa kurikilum perlu berubah"

 Oleh : Mulipah, S. Pd. 




Kurikulum merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan dimana dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar peserta didik. Kurikulum itu kompleks dan multi dimensi, kurikulum itu dapat diibaratkan sebagai jantung pendidikan. 

Fungsi Kurikulum bagi pendidikan adalah untuk memandu dalam proses belajar peserta didik.


Mengapa kurikulum harus berubah ?

Kurikulum harus dinamis berkembang menyesuaikan kondisi. Kurikulum tidak dapat dipergunakan dalam satu waktu terus menerus karena dunia terus berubah. Demikian juga dunia pendidikan sebagai pilar utama dalam membangun dan mendidik generasi harus pula ikut berubah.

Kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan jaman, apalagi saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang semakin maju. Metode dan konteks kurikulum sebelumnya tentu dianggap sudah tidak relevan lagi dengan kondisi dan karakteristik peserta didik saat ini.

Selain itu kurikulum juga harus bisa memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan dapat menyiapkan generasi Bangsa untuk masa yang akan datang sebagai generasi yang visioner yang memiliki cita-cita besar dan mampu memandang jauh ke depan.

(dikutip dari artikel homescholingpena.com )

Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun sebagai anggota masyarakat" Ki Hajar Dewantara

Alasan mengapa kurikulum harus berubah yaitu 

1. Kurikulum harus sesuai dengan perkembangan zaman

2. Dikembangkan dengan konteks dan karakteristik peserta didik

3. Menyiapkan generasi masa depan yang visioner

Perkembangan kurikulum di Indonesia, dari masa ke masa

1. Kurikulum 1947

2. Kurikulum 1952

3. Kurikulum 1964

4. Kurikulum 1968

5. Kurikulum 1975

6. Kurikulum 1984

7. Kurikulum 1994

8. Kurikulum 2004

9. Kurikulum 2006 

10. Kurikulum 2013

11. Kurikulum Merdeka


Adanya perubahan kurikulum tersebut merupakan bukti bahwa di Indonesia terus melakukan pembaharuan agar sistem pendidikan di Indonesia lebih baik dan tentunya esuai dengan kebutuhan zaman. Dikembangkan dengan konteks karakteristik peserta didik dan Menyiapkan generasi masa depan yang visioner. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar