Selasa, 15 Maret 2011

Tips Merawat Mata Secara Alami

Mata adalah anugrah yang sangat berharga, sebagai rasa syukur atas nikmat Allah SWT maka kita harus menjaga amanah yang luar biasa ini dengan baik. Berikut beberapa cara merawat si jendela hati (mata) kita.

1. Mengurangi Mata Lelah.
Membaca dalam waktu lama dan melakukan pekerjaan dengan ketelitian tinggi dengan penerangan buruk atau dengan posisi tubuh yang salah dapat merusak mata. Penanggulangan yang paling mudah adalah dengan mengurangi kegiatan membaca atau memperbaiki posisi tubuh saat membaca. Usahakan juga untuk melihat hal-hal yang menyenangkan atau berwarna (terutama hijau) setelah membaca. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan buah alpukat untuk menyegarkan mata yang lelah. Caranya, isi alpukat dipotong tipis-tipis seperti lempengan. Tempelkan pada mata yang lelah, setelah 20 menit, angkat. Bersihkan sisa alpukat dengan air dingin.
2. Agar Bola Mata Bening.
Satu sendok makan teh diseduh dengan segelas air mendidih (seperlunya). Biarkan semalam. Pagi hari, saring teh dan gunakan air teh tersebut untuk mencuci mata dengan merambang mata selama 3 menit. Awalnya akan terasa perih, tetapi perlahan akan terasa dingin dan mata pun terasa nyaman.

3. Mengurangi Mata Merah.
Daun sirih mengandung antiseptik yang mampu membunuh bakteri dan enzim tertentu yang berbahaya bagi mata, diantaranya mencegah pembesaran pembuluh darah kapiler di seputar daerah putih mata sehingga mata terlihat lebih putih dan bersih. Karena itu, jika mata Anda merah, coba gunakan rebusan daun sirih. Siapkan 5 lembar daun sirih beserta batang muda dan tangkai daunnya, rebus 3 gelas air mendidih, masukkan daun sirih dan batang muda serta tangkai daunnya yang sudah dicuci bersih. Gunakan air rebusannya untuk merambang bola mata sekitar 30 detik. Kedip-kedipkan mata selagi merambangnya.

4. Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata.
Problem ini dapat diatasi dengan buah mentimun. Caranya, ambil mentimun dan iris tipis, gunakan irisan mentimun untuk mengompres mata selama 15 menit. Mentimun bersifat astrigent, selain menyegarkan juga mampu menyingkirkan lemak di sekitar mata. Terakhir, oleskan minyak jojoba yang berkhasiat melembabkan kulit.

5. Menjaga Mata dari Debu Jalanan.
Jika berada di jalan raya atau terik sinar matahari, pakailah kacamata hitam sebagai pelindung agar sinar matahari tidak langsung menerpa mata. Mata menjadi lebih santai.

6. Mencegah Radiasi Komputer.
Jika Anda sering mengetik atau bekerja dengan komputer, setiap 15 menit, alihkan pandangan mata Anda ke objek yang lebih jauh agar mata tidak mudah lelah dan terhindar dari radiasi komputer.

Sumber : copas dari Majalah Nirmala Edisi Oktober 2010

7. Gunakan Mata Untuk melihat yang baik2 saja
Segala hal yang kita lakukan untuk menjaga mata kita akan sia-sia bila tidak ada Allah yang menjaga mata kita, dengan menggunakan mata untuk melihat hal-hal positif maka kita telah menginvestasikan mata kita dengan baik. Tidak hanya di dunia tapi juga bermanfaat di akhirat kelak. Sebab Allah akan menjaga segala hal yang berjalan di jalanNYA dan melaknat yang melampaui perintahNYA.
Bismillah.... kita jaga mata kita dan kita gunakan untuk melihat segala hal yang Allah ridhai.. InsyaAllah... mata kita akan sehat selalu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar